Li-Fi Teknologi Internet Terbaru yang Akan mengalahkan Wi-Fi

Li-Fi Teknologi Internet Terbaru yang Akan mengalahkan Wi-Fi

Li-Fi Teknologi Internet Terbaru yang Akan mengalahkan Wi-Fi

Li-Fi Teknologi Internet Terbaru yang Akan mengalahkan Wi-Fi

Mungkin saat ini kita sudah tidak asing dengan istilah Wi-FI, dimana setiap kita berada di cafe-cafe atau di hotel untuk berinternet kita pasti akan mengaktifkan Wi-Fi supaya terhubung ke koneksi Internet yang disediakan. Namun Apakah pernah mendengar istilah Li-Fi ?

Untuk informasi Li-Fi juga merupakan teknologi jaringan nirkabel yang sama fungsi seperti Wi-Fi memberi Anda akses jaringan internet. Namun hingga saat ini. teknologi Li-Fi ini masih dalam tahap uji coba dan diyakini akan menyaingi ketenaran Wi-Fi, pasalnya Li-Fi diprediksi mampu mengirim data dengan super cepat yaitu 1Gbps atau 1 Gigabyte per second.

Tidak heran jika teknologi dikatakan sebagai teknologi jaringan Internet tercepat yang akan bekerja 100 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi, dengan kemampuan super cepat ini nantinya akan membuat lita nisa mengunduh video dengan kualitas tinggi hanya dalam hitungan detik.

Pada tahap ujicoba ini, Li-Fi sudah disematkan pada perangkat wireless di Estonia. Li-Fi diujicobakan melalui perusahaan bernama Velmenni. Oleh perusahaan tersebut, jaringan ini dipasang di beberapa lokasi strategis seperti kantor dan pusat industri.

Uniknya, teknologi terbaru ini menggunakan bohlam LED. Bohlam LED tersebut digunakan untuk wadah saat data ditransfer. Bohlam akan memberi tanda dengan kedipan lampu hanya dengan hitungan nanoseconds.

Li-Fi Teknologi Internet Terbaru yang Akan mengalahkan Wi-Fi

Karena super cepat maka kedipan lampu tersebut tidak akan mampu dipandang oleh mata manusia. Sebenarnya, teknologi terbaru ini sudah dikembangkan sejak 2011 oleh professor yang bekerja di Universitas Edinburg.

Perbedaan lain antara Wi-Fi dan Li-Fi adalah jangkauan jaringannya. Jangkauan jaringan Wi-Fi ternyata masih lebih luas karena bisa menembus dinding. Di sisi lain, Li-Fi memang memiliki jaringan yang sangat cepat namun jangkauannya masih terbatas hanya di satu ruangan saja.

Yang membuat jaringan terbatas tersebut adalah soal keamanan yang akan sulit untuk ditembus. Walaupun masih memiliki jangkauan jaringan yang terbatas namun teknologi ini dinilai akan menjadi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien.

Pasalnya, perangkat nirkabel ini memiliki fungsi yang tidak hanya memberikan jaringan internet saja. Bohlam LED yang digunakan untuk memfasilitasi jaringan internet tersebut juga tetap bisa digunakan untuk lampu LED biasa.

Memang belum diketahui kapan Li-Fi akan dirilis dan digunakan secara masal. Namun, Li-Fi akan terus dikembangkan guna menyambut era IoT atau Internet of Things. Bayangkan saja jika sampai Li-Fi benar-benar sudah bisa digunakan secara masal.

Anda tidak akan mengeluh lagi soal jaringan internet yang lelet. Selain itu, masalah pengiriman data penting untuk perkantoran dan aktifitas bisnis lainnya akan terpecahkan dengan jaringan super cepat ini. Pasalnya, data penting perkantoran dan aktifitas bisnis seringkali sangat besar sehingga seringkali kesulitan saat harus dikirimkan secara cepat menggunakan jaringan internet kecepatannya biasa saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*